7 Cara Melewati Proteksi Lock Screen di Ponsel Android

Advertisement

Cara Melewati Proteksi Lock Screen – Lupa memang menjadi kodrat kesalahan manusia yang tidak bisa dihindari. Lupa password, lupa kunci, lupa pin, lupa pola/pattern memang banyak dialami para pengguna gadget smartphone. Tidak hanya pengguna sistem operasi Android, pengguna smartphone dengan sistem operasi lain seperti iOS (Apple), Blackberry, dan Windows Phone juga tak kalah heboh. Namun dikarenakan Android termasuk sistem operasi yang bersifat Open Source, kita dapat melakukan berbagai macam cara untuk melewati proteksi lock screen baik itu lupa dengan kunci pattern, kode pin atau password.

Ponsel yang terkunci tentu menjadi suatu masalah yang menyebalkan. Apalagi jika ponsel tersebut memiliki beragam data penting yang tersimpan. Pada dasarnya penggunaan Lock Screen pada setiap perangkat gadget bertujuan untuk mengamankan file atau informasi yang ada di dalam smartphone mulai dari Foto, Video, File, Dokumen, Catatan Memo, Gambar sampai dengan Rekaman Audio. Penyebab banyak gadgeters yang lupa kode untuk membuka kunci layar ini biasanya disebabkan sulitnya kode yang dibuat dan kita tidak menuliskannya pada sebuah lembar kertas.

Jika anda memasang Lockscreen pada smartphone Android dan lupa cara membuka proteksi kunci layar tersebut, maka jangan panik dahulu. Janganlah terlalu terburu-buru membawa smartphone android ke tukang servis hp ataupun ke galeri customer service resminya. Kamu bisa mencoba cara yang saya gunakan, Mengunci smartphone android dengan mode pola dan pattern tentu saja memiliki kelebihan dan beberapa kurangan. Pada umumnya kunci lockscreen yang paling aman adalah dengan menggunakan kunci Sidik Jari. Saya menggunakan Samsung Galaxy S6 yang sudah support Fingerprint untuk mengunci layar smartphone. Tentu kita tidak perlu mengingat atau menghafalnya yang mengakibatkan kita sering lupa. Bagi kamu yang kesulitan untuk membobol kunci layar pada ponsel, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membukanya.

tampilan lock screen android

tampilan lock screen android

Berikut ini merupakan 7 Cara Melewati Lock Screen di Smartphone Android:

  1. Android Device Manager

Untuk perangkat Android 4.0 ke atas (Jelly Bean, Kitkat, Lollipop), sobat bisa memanfaatkan fitur Android Device Manager untuk membuka lock screen. Fitur ini merupakan cara terbaik yang bisa digunakan dan paling ampuh sukses untuk melewati proteksi lock screen yang terkunci. Selama perangkat tersebut login menggunakan akun Google, pengguna bisa mengendalikannya dari perangkat lain seperti komputer atau laptop.

Untuk membuka ponsel yang terkunci, langkah pertama yaitu silahkan kunjungi halaman Android Device Manager berikut: https://www.google.com/android/devicemanager

Setelah membuka tautan tersebut, login menggunakan akun Google yang sama dengan akun google pada ponsel yang terkunci tersebut. Anda akan diarahkan ke situs yang menampilkan informasi singkat akan ponsel tersebut. Nanti akan ditampilkan password baru yang akan bisa untuk mengganti nomor PIN, Pattern, ataupun password dari lockscreen yang terkunci. Setelah selesai, klik Lock.

Secara langsung, Google akan mengubah password lockscreen ponsel Android anda dalam waktu kurang dari 5 menit. Kemudian silahkan masukkan password yang baru tersebut dari layar lockscreen pada ponsel.

2. Find My Mobile

Bagi pengguna perangkat Android Samsung, ada layanan yang serupa dengan Android Device Manager. Silahkan ke halaman: Samsung Find My Mobile dari peramban anda.

Silahkan login menggunakan akun Samsung yang kamu gunakan pada ponsel. Jika sebelumnya anda tidak memiliki akun Samsung maka cara ini tidak akan berhasil. Dan fitur ini hanya dapat digunakan bagi perangkat bermerk Samsung. Bagi yang sudah bisa login, mari klik tombol “Lock My Screen” yang terletak di panel menu sebelah kiri. Dari sini masukkan empat nomor PIN baru dan klik tombol Lock. Anda bisa membuka hp yang terkunci tadi dengan kode pin baru tersebut.

3. Forgot Pattern atau Lupa Password

Jika sobat menggunakan ponsel dengan sistem Android 4.4 ( Kitkat ) ke bawah, cobalah gunakan fitur Forgot Pattern. Forgot Pattern adalah fitur yang memang sudah ada sejak membeli ponsel baru dan tertanam di sistem operasi Android. Biasanya setelah gagal memasukkan password lockscreen dengan benar sebanyak 5 kali, Sobat akan menerima pesan “Try again in 30 seconds” . Ketika pesan ini tampil, tap atau sentuh tombol di bagian bawah yang bertuliskan “Forgot Pattern atau dalam bahasa Indonesia yaitu Lupa Password”.

Dari situ, pilih “Enter Google account details”. Kemudian masukan akun email dan password Google anda. Tidak lama anda akan menerima pesan untuk melakukan unlock lockscreen di ponsel anda. Cara membuka ponsel yang terkunci layarnya dengan lupa password adalah cara yang paling mudah dilakukan dan bekerja di semua ponsel Android Kitkat ke bawah.

4. Factory Reset Android

Cara yang paling jitu selanjutnya yaitu melakukan Factory Reset. Jika anda tidak terlalu memperdulikan data yang tersimpan di ponsel yang terkunci, salah satu cara paling mudah adalah dengan melakukan factory reset.

Dengan melakukan proses factory reset, semua data seperti file dokumen, musik, gambar, download akan terhapus semua. Tidak hanya file, semua pengaturan dan aplikasi yang sudah terinstall juga akan direset secara otomatis. Jadi gunakan cara untuk membuka lockscreen ini hanya jika menurut anda data yang tersimpan tidak terlalu penting.

Proses untuk melakukan factory reset itu berbeda-beda pada setiap perangkat. Namun sebagian besar ponsel android menggunakan cara yang sama.

Berikut tahapan cara melewati proteksi lockscreen di smartphone android:

  1. Pertama,Matikan smartphone android anda terlebih dahulu.
  2. Setelah ponsel benar-benar dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol Volume atas, Tombol Home, Tombol Power secara bersamaan ,untuk masuk ke recovery mode. Jika berhasil akan tampil menu recovery. Pada beberapa smartphone android untuk masuk ke recovery mode memiliki cara yang berbeda. Silahkan buka buku panduan petunjuk penggunaan ponsel.
  3. Tunggu sampai Android system recovery terbuka.
  4. Pilih Wide data/factory reset, untuk melakukan pergerakan kursor tekan volume atas dan bawah untuk memilih tekan tombol Home atau menu
  5. Pilih “Yes”, lalu tunggu sampai proses selesai.
  6. Tekan Reboot system now, dan selamat android sobat kembali seperti semula awal pabrik.

Cara kedua :

Matikan ponsel anda. Lalu dalam kondisi mati, nyalakan kembali ponsel dengan menekan agak lama tombol Volume Down (-) dan tombol Power secara bersamaan. Tombol Volume Down adalah tombol yang biasa digunakan untuk menurunkan level suara ketika menyetel musik atau video. Tombol Power adalah tombol yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan ponsel.

Jika berhasil anda akan masuk ke menu bootloader.

  1. Tekan tombol Volume Down dua kali untuk masuk ke pilihan Recovery Mode.
  2. Tekan tombol Power untuk memilih mode ini.
  3. Selanjutnya tahan tombol Power dan tekan tombol Volume up (+) sekali. Jika sobat berhasil maka akan masuk ke mode recovery.
  4. Gunakan tombol Volume atas atau bawah untuk memilih pilihan “Wipe data/factory reset”. Tekan tombol Power untuk memilihnya.
  5. Setelah proses selesai, pilih “Reboot system Now”. Dari sini sistem akan kembali ke kondisi semula.

UPDATE Terbaru : 2 Cara membuka pola android tanpa reset tanpa root

5. Android Debug Bridge (ADB)

ADB yang merupakan singkatan dari Android Debug Bridge sebenarnya terdapat dalam paket Android SDK (Software Development Kit) yang berukuran sangat besar. Biasanya cara membuka kunci layar ponsel android menggunakan ADB dilakukan oleh para programmer atau orang yang hobi oprek android. Jika sobat hendak menggunakan ADB, cukup unduh softwarenya melalui tautan: https://goo.gl/AGAMZC .

Sebelum memasang Minimal ADB Fastboot, pastikan ponsel dihubungkan terlebih dahulu ke komputer menggunakan kabel data USB. Jangan lupa juga untuk segera mengaktifkan fitur “USB Debugging” pada menu Developer Options di ponsel android.

  • Setelah ADB terpasang, otomatis akan tampil command prompt dari direktori ADB.
  • Dari jendela Command Prompt tersebut, ketik perintah: adb shell rm /data/system/gesture.key
  • Lalu tekan Enter. Selanjutnya reboot ponsel dan otomatis tampilan lock screen akan hilang sehingga anda bisa kembali mengakses ponsel tersebut kembali.

Sobat harus tau bahwa cara ini hanya berlaku pada booting pertama, jadi pastikan setelah Anda melakukan pemasangan perlindungan baru berupa PIN, Pattern, dan password.

6. Dari Lockscreen UI

Cara membuka atau melewati proteksi lockscreen ini khusus hanya dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android Lollipop. Tetapi metode ini juga hanya berhasil jika kunci layar menggunakan metode Password dan bukan kunci Pola atau kode PIN.

  1. Pertama, tekan pilihan Emergency Call. Masukkan 10 angka hingga penuh dan lakukan copy pada angka tersebut dan paste pada kolom yang sama.
  2. Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga kolom tersebut penuh dan tidak lagi mampu menampung karakter angka yang banyak.
  3. Selanjutnya silahkan kembali ke lockscreen dan buka kamera dengan menekan shortcut.
  4. Dari sini geser ke bawah notifikasi dan tekan ikon Settings.
  5. Maka anda akan ditanya untuk mengisi password.
  6. Tekan dan tahan yang lama pada kolom input dan pilih Paste. Lakukan hal ini beberapa kali dengan cepat hingga kolom tersebut tidak bisa lagi memasukkan karakter dan akhirnya akan mengalami crash. Pada saat crash inilah anda akan bisa mengakses tampilan interface yang tadinya terkunci dengan password.
  7. Selesai

7. Safe Mode

Cara membuka kunci lockscreen yang terakhir yaitu menggunakan fitur Safe Mode. Jika lockscreen yang terkunci merupakan aplikasi dari pihak ketiga, dan bukannya lockscreen bawaan Android, booting dari safe mode merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Untuk masuk ke safe mode, beberapa ponsel Android terkadang menggunakan cara yang berbeda.

Cara masuk ke safe mode pada ponsel umumnya sama yaitu dengan menekan tombol Power agak lama (dalam kondisi hidup), nanti akan ada peringatan untuk masuk ke safe mode. Tekan Yes/Oke untuk menyetujuinya.

Namun jika cara tersebut tidak berhasil, anda bisa mencari cara masuk ke safe mode berdasarkan tipe smartphone yang digunakan melalui internet atau baca buku petunjuk penggunaan ponsel. Jika sobat berhasil masuk ke safe mode, secara otomatis lockscreen akan nonaktif sementara. Dari sini anda tinggal menghapus aplikasi lockscreen dari pihak ketiga dan lakukan reboot ponsel secara normal.

Baca juga Cara menghilangkan iklan pada aplikasi android

Itu dia 7 Cara Melewati Proteksi Lock Screen pada Smartphone Android. Bagaimana sobat? Mudah kan tentu. Oke kalau gitu sampai jumpa ya di artikel dragongadget.com selanjutnya, semoga bisa membantu menyelesaikan problem tentang kesulitan membuka layar kunci ponsel, lupa kode kunci layar, lupa pola lockscreen dll.

Komentar
7 Cara Melewati Proteksi Lock Screen di Ponsel Android | Fiscias Play | 4.5