Cara Kalibrasi Baterai HP Android Agar Tetap Sehat

Advertisement

Baterai yang cepat habis dan bermasalah merupakan hal yang kadang terjadi pada gadget yang kita miliki khususnya HP Android. Masalah yang dihadapi cukup beragam indikatornya mulai dari baterai yang cepat habis dibanding biasanya sampai baterai tidak mau dicas. Proses pengisian baterai yang terlalu lama sampai tidak terisinya baterai dengan sempurna menjadi salah satu keluhan yang dijumpai.

Jika anda menyadari bahwa kinerja serta durasi baterai mulai menurun, mungkin inilah saatnya bagi anda untuk melakukan kalibrasi pada baterai. Cara Kalibrasi Baterai HP Android perlu dilakukan dengan hati-hati dan benar demi menjaga performa dan kinerja gadget android anda agar tetap sehat. Proses kalibrasi baterai yang dilakukan dengan benar maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan kalibrasi baterai hp android, sebaiknya anda mengetahui terlebih dulu apa maksud dari proses kalibrasi yang akan dilakukan dan bagaimana cara mengenali baterai gadget yang mulai bermasalah.

Cara mengetahui jika ada masalah pada baterai :

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi mengapa performa baterai jadi menurun dan apa penyebabnya. Tanda-tanda atau ciri-ciri baterai yang bermasalah diantaranya, yaitu:

  1. Indikator pada baterai cepat habis padahal tidak digunakan.
  2. Indikator pada baterai memiliki status naik turun, sudah 60% tiba-tiba dilihat 5 menit kemudian malah naik menjadi 65%.
  3. Ketika dilakukan charge atau cas dengan charger indikator listrik keluar masuk.
  4. Indikator baterai belum tersisa 1% namun hp sudah mati dan tidak bisa dinyalakan.

Setelah mengetahui gejala-gejala yang terjadi silahkan anda analisa lebih lanjut apakah hal ini karena permasalahan pada baterai tersebut atau masalah karena sistem kalibrasi pada HP Android anda. Sebelum anda memeriksa permasalahan kedua, pastikan bahwa baterai tersebut berfungsi baik atau sudah mengalami kerusakan. Jika smartphone anda menggunakan baterai yang bisa dilepas atau dicabut, matikan smartphone dan periksa baterai dengan mencabutnya apakah sudah bergelumbung atau belum.

Perhatikan jika terdapat kebocoran atau baterai menjadi kembung.

Baca juga Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Rusak atau Bocor

Jika smartphone anda menggunakan baterai yang tertanam atau tidak bisa dilepas, perhatikan bahwa kondisi cover tertutup rapat tanpa adanya celah yang menandakan baterai dalam kondisi kembung. Jika terjadi salah satu dari dua hal diatas, maka sebaiknya langsung ganti baterai. Untuk solusi kedua, bawalah smartphone anda ke service center terdekat.

baterai hp android

baterai hp android

Apa maksud kalibrasi ?

Kalibrasi adalah kegiatan untuk menunjukkan suatu nilai ukur dari suatu alat dengan proses pengaturan ulang kembali. Sistem operasi Android memiliki fitur Battery Stats. Fitur ini berfungsi untuk memantau kapasitas status daya yang ada pada baterai, apakah dalam kondisi penuh atau kosong yang dinotasikan dalam bentuk persentase. Permasalahannya adalah terkadang fitur ini mengalami kegagalan dalam mendeteksi kondisi baterai dan menampilkan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan.

status baterai android

cara kalibrasi baterai android

Salah satu contohnya adalah terkadang smartphone Android langsung mati meski sebelumnya terpampang dengan jelas kondisi baterai belum mencapai 0 persen. Dengan melakukan kalibrasi, sistem Android akan memperbaiki informasi yang salah tersebut dan menampilkan kembali informasi yang benar dan akurat seperti sedia kala.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root :

  1. Kuras baterai hingga smartphone anda mati dengan sendirinya. Sebaiknya jangan anda gunakan untuk bermain game agar baterai cepat habis, diamkan saja dan beraktifitas seperti biasa misalnya mengirim SMS, menelepon, menulis memo, membaca dokumen, melihat kalender, dan sebagainya.
  2. Setelah HP Android anda mati dengan sendirinya, nyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol power dan biarkan mati kembali dengan sendirinya.
  3. Colokkan smartphone anda tanpa menyalakannya kembali dan biarkan baterai terisi hingga 100%.
  4. Cabut Charger bila sudah 100%.
  5. Nyalakan smartphone anda dan perhatikan indikator status baterai apakah masih 100% atau sudah berkurang menjadi 99 persen. Jika belum 100 persen colok kembali dengan charger ke arus listrik hingga baterai benar-benar terisi 100% (dalam kondisi nyala).
  6. Setelah indikator baterai full 100%, silahkan cabut charger anda.
  7. Restart kembali ponsel.
  8. Nyalakan hp anda dan lihat apakah indikator baterai sudah 100%. Jika sudah 100% itu menandakan anda telah selesai melakukan kalibrasi baterai.
  9. Lakukan hal ini secara terus menerus jika masih belum 100% juga kondisi baterai.
  10. Biarkan baterai hingga kondisi menjadi 0 persen kembali hingga smartphone mati dengan sendirinya.
  11. Isi baterai sekali lagi hingga 100% dan proses ini akan mereset sistem persentase baterai pada sistem operasi Android.
  12. Selesai.

Dengan melakukan kalibrasi pada baterai dengan cara yang benar, anda akan mendapatkan hasil yang sangat baik jauh dari kondisi sebelumnya. Jika setelah melakukan kalibrasi pada baterai tidak ada hasil yang memuaskan silahkan periksa keadaan fisik baterai anda.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android dengan Akses Root :

  1. Habiskan baterai hingga smartphone mati dengan sendirinya.
  2. Nyalakan kembali dan biarkan mati lagi dengan sendirinya.
  3. Sambungkan charger atau colok smartphone menggunakan charger dan jangan menekan tombol power untuk menyalakannya. Biarkan baterai terisi penuh hingga 100%.
  4. Cabut charger setelah 100 persen.
  5. Nyalakan smartphone dan dapat dipastikan indikator baterai tidak akan menampilkan kondisi 100%. Colok kembali dalam kondisi smartphone menyala dan biarkan tunggu hingga kondisi baterai penuh mencapai 100%.
  6. Cabut colokkan dan lakukan restart pada smartphone.
  7. Jika belum tertera status 100% ketika telah dinyalakan, colok kembali hingga 100%.
  8. Lakukan hal yang sama seperti cara 4, 5 dan 6 hingga kondisi benar-benar 100%.
  9. Pasang aplikasi “Battery Calibration” yang dibuat oleh Nema dan sebelum menginstall juga menjalankan aplikasi pastikan lagi bahwa baterai masih dalam keadaan 100%. Kemudian lakukan restart.
  10. Jalankan aplikasi tersebut dalam melakukan kalibrasi kembali menggunakannya.
  11. Setelah kalibrasi menggunakan aplikasi, habiskan baterai hingga mencapai 0% atau benar-benar kosong dan biarkan baterai habis dan smartphone mati dengan sendirinya.
  12. Colok baterai hingga penuh dan seharusnya cara ini sudah mereset sistem kalkulasi baterai pada HP android.

Jika metode tadi tidak berhasil, coba cara ke-2.

Cara 2 :
1. Masuk ke recovery mode pada Android dan arahkan ke “advanced section” di mana kita akan menemukan opsi “hapus statistik baterai”. Ini akan menghapus kalibrasi yang sebelumnya dilakukan baik oleh pengguna atau ketika telah diinstal ROM.
2. Kedua, kamu harus sepenuhnya menguras baterai kemudian menghubungkan ponsel ke charger. Pengisian harus dilakukan tanpa gangguan dengan keadaan mati.
3. Ketika mencapai 100%, hidupkan lagi tanpa mencabut charger kemudian buka aplikasi Battery Calibration. Klik tombol tengah, yang akan meminta izin SuperUser, klik accepted. Tak lama setelah itu akan muncul pesan yang mengatakan kalibrasi “berhasil”. Tekan OK, lepaskan perangkat dari charger dan tutup aplikasi.

Demikian cara kalibrasi baterai HP android dengan benar agar tetap sehat sentosa, semoga bermanfaat untuk gadgeters .

Komentar
Cara Kalibrasi Baterai HP Android Agar Tetap Sehat | Fiscias Play | 4.5